Contoh Desain Ruko Minimalis

Ruko Minimalis - Sekarang ini sudah banyak bermunculan rumah toko (ruko) di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Hal ini sudah bukan pemandangan yang asing lagi bagi setiap orang tentunya mengingat desain ruko yang sudah beranekaragam sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Bila dirunut dari sejarah, desain ruko minimalis sudah dikenal sejak abad ke 11 dimana ruko tersebut dapat ditemukan di perkampungan Cina (pecinan). Meski bukti otentik atau dokumentasinya tidak pernah ditemukan, konon bangunan ruko jaman dulu tersebut sedikit banyak mempengaruhi desain bangunan ruko di zaman sekarang ini.
Desain bangunan ruko jaman dulu cenderung terinspirasi oleh bentuk rumah di perkampungan Cina yang biasanya merupakan milik rakyat golongan menengah ke bawah. Rumah perkampungan tersebut identik dengan ukuran lahan yang terbatas, sederhana, sempit dan tidak terlalu banyak ornamen. Ruko biasanya dibangun 2 lantai yang terdiri lantai dasar sebagai tempat berdagang dan lantai 2 sebagai tempat tinggal dan berkumpul bersama keluarga.
Secara umum, desain bangunan ruko minimalis memiliki bentuk persegi dengan bagian yang lebih lebar pada bagian muka bangunan. Dengan skema seperti ini maka tata ruang dan sirkulasi rumah toko akan menerapkan pola linier. Meskipun salah satu bagian sampingnya terbilang sempit (sekitar 5 meter dan panjang 20 meter), penerapan pola linier tersebut dianggap cukup efisien. Tiap unit ruko biasanya bersebelahan dengan ruko lain dengan perluasan atau pertumbuhan bangunan secara menyamping. Pertumbuhan bangunan ini mengakibatkan munculnya deretan ruko yang memanjang dan saling berhadapan. Diantara deretan bangunan ruko tersebut biasanya terdapat jalur untuk kendaraan dan orang-orang berlalu lalang. Jalur atau akses jalan tersebut juga berfungsi sebagai pemisah antara bangunan ruko.
Seiring dengan semakin banyaknya pusat perbelanjaan modern di berbagi daerah, keberadaan ruko ternayat masih menunjukkan eksistensinya dan bahkan mengalami perkembangan yang signifikan. Sebenarnya konsep model ruko jaman sekarang masih sama dengan model bangunan ruko jaman dulu. Pola desainnya tetap memanjang ke arah belakang dan dengan pengembangan menjadi 3 hingga 4 lantai. Tata letaknya pun masih sama dengan rukon jaman dulu yang tetap bersebelahan dan saling berhadapan.

0 Response to "Contoh Desain Ruko Minimalis"

Posting Komentar